Sabtu, 04 Maret 2017

Presentasi Multimedia pembelajaran kimia Hasil Pengembangan


Percobaan dalam persentase Multimedia yang bisa dilakukan untuk metode pembelajaran melalui percobaan  salah satunya yaitu Titik beku adalah suhu dimana tekanan uap cairan sama dengan tekanan uap padatannya. Titik beku larutan lebih rendah daripada titik beku pelarut murni. Hal ini disebabkan zat pelarutnya harus membeku terlebih dahulu, baru zat terlarutnya. Jadi larutan akan membeku lebih lama daripada pelarut. Setiap larutan memiliki titik beku yang berbeda.
Titik beku suatu cairan akan berubah jika tekanan uap berubah, biasanya diakibatkan oleh masuknya suatu zat terlarut atau dengan kata lain, jika cairan tersebut tidak murni, maka titik bekunya berubah (nilai titik beku akan berkurang)
Penurunan titik beku adalah selisih antara titik beku pelarut dan titik beku larutan dimana titik beku larutan lebih rendah dari titik beku pelarut. Titik beku pelarut murni seperti yang kita tahu adalah 00C. dengan adanya zat terlarut misalnya saja gula yang ditambahkan ke dalam air maka titik beku larutan ini tidak akan sama dengan 0oC melainkan akan menjadi lebih rendah di bawah 0oC itulah penyebab terjadinya penurunan titik beku yaitu oleh masuknya suatu zat terlarut atau dengan kata lain cairan tersebut menjadi tidak murni, maka akibatnya titik bekunya berubah (nilai titik beku akan berkurang)
Proses pembekuan suatu zat cair terjadi bila suhu diturunkan, sehingga jarak antarpartikel sedemikian dekat satu sama lain dan akhirnya bekerja gaya tarik menarik antarmolekul yang sangat kuat. Adanya partikel-partikel dari zat terlarut akan mengakibatkan proses pergerakan molekul-molekul pelarut terhalang, akibatnya untuk dapat lebih mendekatkan jarak antarmolekul diperlukan suhu yang lebih rendah. Jadi titik beku larutan akan lebih rendah daripada titik beku pelarut murninya. Perbedaan titik beku akibat adanya partikel-partikel zat terlarut disebut penurunan titik beku (∆Tf).
Untuk video percobaan dapat di liat pada link berikut: 

https://youtu.be/ZRJp0IAh-0E

15 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb saudari Silmi blog yang saudari paparkan sudah cukup bagus tetapi lebih baik bila saudari juga memperhatikan tentang penulisannya karena pada postingan blog anda tulisannya sulit untuk di baca. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam
      terimkasih saudari siti untuk sanggahannya dan memberikan kritik

      Hapus
  2. Apakah kendala dalam membuat sebuah persentasi multimedia pembelajaran kimia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiklah disini saya mencoba menjawab kendalanya mungkin kurangnya pemahaman materi yang ingin disampaikan terimkasih

      Hapus
    2. saya ingin menambahkan ,
      kendalanya juga mungkin alat yang mau dipake itu kurang mendukung . karena yang diinginkan tidak tcapai

      Hapus
  3. assalam mualaikum wr wb disini saya sedikit memberikan saran mengenai cara penulisan dan pemwarnaan tulisan blog saudari di mana susunannya masih berantakan dan spasi satu dg yang lainnya masih kurang sempurna terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam
      terimkasih atas kritik dan sanggahannya saudara tessa

      Hapus
  4. Hello Silmi Aulia wardah terimakaish atas postingannya. saya ingin bertanya, media apa yang anda gunakan pada pengembangan presentase multimedia yang anda posting?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiklah disini saya akan menjawab media yang kami ambil adalah alat peraga dimana dengan judulnya konfigurasi elektron terimkasih

      Hapus
  5. seberapa efektifkah penggembangan media yang anda buat untuk di gunakan pada saat proses pembelajarn berlangsung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya belum karna alat peraga yang kami bikin hanya untuk memantapkan siswa di akhir dan kami membuat nya dalam bentuk games teerimkasih

      Hapus
  6. Saya ingin bertanya. Adakah kendala yang anda alami saat merancang multimedia ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiklah disini saya mencoba menjawab, kendala ada kami tidak memungkinkan atau pun kurang nya pemahaman materi sehingga waktu melakukannya atau membuat vidio banyak di potong-potong menurut saya seperti itu terimakasih

      Hapus
  7. Saya ingin bertanya apakah media ini dapat diterapkan baik itu disekolah yang ada di perkotaan atau di perdesaan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah saya akan mencoba menjawab menurut saya iyaa bisa diterapkan apabila fasilitas sekolah memadai nya terimakasih

      Hapus