A.
Landasan
Teori
1.
Media Pembelajaran
Secara
harfiah, kata media berasal dari bahasa llatin medium yang memiliki arti
‘perantara’ atau ‘pengantar’. Menurut Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Guruan
mendefiniksikan media sebagai benda yang yang dapat dimanipulasikan, dilihat,
didengar, dibaca atau dibacarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan
baik dalam kegiatan belajar, mengajar, dapat mempengaruhi efektifitas
programinstruksional.
2.
Fungsi Media
Pembelajaran
Penggunaan media
pembelajaran dapat membantu meningkatkan pemahaman daya serap setiap siswa
terhadap materi pelajaran yang dipelajari. Berikut ini fungsi-fungsi dari
penggunaan media pembelajaran menurut Asnawir danUsman.
a. Dapat
membantu memudahkan belajar bagi siswa dan membantu memudahkan mengajar bagi
guru.
b. Dapat
memberikan pengalaman yang nyata (yang kongkrit yang bisa dimengerti siswa).
c. Dapat
memberikan perhatian siswa yang lebih besar(dalam kegiatan proses
pembelajaran).
d. Semua
indra siswa diaktifkan.
e. Dapat
lebih menarik perhatian dan minat murid dalam belajar.
3.
Manfaat Media
Pembelajaran
Adapun manfaat media
pembelajaran yang harus diketahui
a. Pembelajaran
akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi siswa
dalam belajar.
b. Bahan
pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa
memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran yang baik.
c. Metode
pembelajaran akan lebih bervariasi , tidak semata-mata komunikasi verbal
melalui penuturan kata oleh gur, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak
kehabisan tenaga, apabila guru mengajar untuk setiap pembelaran.
d. Meletakkan
dasar-dasar yang kongkrit dalam berfikir
e. Membantu
tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa
siswa.
4.
Klasifikasi Media
Pembelajaran
Adapun beberapa
klasifikasi media pembelajaran sebagai berikut
a. Media
berbasis manusia
Media
berbasis manusia merupakan media yang digunakan untuk mengirimkan dan
berkomunikasi pesan atau informasi. Media ini bermanfaat untuk bertujuan agar
kita mengubah sikap secara langsung terlibat dengan pembelajaran.
b. Media
Berbasis Cetakan
Media
berbasis cetakan yang paling umum dikenal adalah seperti bukutulis,buku penuntun, buku kerja , jurnal,
makalah dan lain sebagainya.
c. Media
Berbasis Visual
Media
berbasi visual ini memegang peranan yang sangat penting dalam pembelajaran
kaerena dapat mempermudahkan siswa untuk mempelajarai materi pembelajaran
dengan nyata karena dalam media mempermudah mempelanjar dan memperkuatan
ingatan siswa.
d. Media
berbasis Audio-visual
Media
ini menggabungkan penggunaan suara memerlukan pekerjaan tambahan untuk
memproduksinya salah satu nya yaitu dalam media audio-visualadalah pada saat
penuisan naskah yang memerlukan persiapan yang banyak rancangan dan penelitian.
e. Media
berbasis komputer
Pada
tahun sekarang orang lebih sering menggunakan komputer atau pun laptop dalam
berbagai hal karena dapat membantu siswa dalam menggunakan alat bantu tersebut
. komputer dapat menyajikan informasi dan tahapan pembeajaran lainnya
disampaikan bukan dengan media komputer.
5. Media
Pembelajaran Berbasis Komputer
Komputer
memiliki kemampuan untuk menyajikan proses pembelajaran yang interaktif bahwa
aplikasi komputer dalam pembelajaran, umumnya dikenal dengan istilah Computer
Assited Instruction (CAI) yang disebut adalah media pembelajaran yang berbasis
komputer aplikasi komputer sebagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap
proses belajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola
interaksi dua arah melalui terminal komputer maupun arah yang diperluas melalui
jaringan komputer baik lokal maupun global.
6. Buku
Digital
Bentuk buku digital
mirip dengan dengan bentuk buku sebenarnya perbedaannya adalah jika buku paa
umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang berisikan teks. Berbeda dengan buku
digital yang berisikan teks, audio dan gambar untuk dapat menggunakan buku
digital yang berormat maka pengguna harus menginstal perangkat lunak Adobe
Flash Player.
B.
Kerangaka
Berfikir
Dalam
proses belajar mengajar seni musik, guru memerlukan sebuah media pembelajaran
yang menarik agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan
oleh guru oleh karena itu pengguna media dalam pembelajaran yang interaktif
sebagai alat bantu yang sangat diperlukan oleh guru untuk menyampaikan
pelajaran berlangsung.
Dalam
proses pengembangan media pembelajaran interaktif tentunya membutuhkan softwere
yang digunakan dalam pengembangan media yang mampu menghasilakan presentasi,
game, fil CD interaktif, menarik dan dinamis.
C.
Penelitian
Yang Relavan
Penelitian
ini didukung oleh penelitianyang dilakukan oleh Bidara Silsi Anjani (2010)
dengan judul Pengembangan Multimedia Pada
Pembelajaran Harmoni untuk siswa SMP. Dalam penelitian tersebut menunjukkan
bahwa produk yang dihasilakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan
menggunakan komputer dan Softwere
Macromedia Flash 8.
Penelitian
yang dilakukan oleh Taufik Sulaiman (2009) dengan judul Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan softwere Adobe Flash
CS3 untuk Apresiasi Musik Siswa SMP Kelas VIII. Media yang dibuat dan
dikembangkan berfungsi untuk alat bantu belajar siswa dengan menggunakan media
embelajaran interaktif.
Dari
kedua penelitian tersebut adalah penelitian pengembangan yang menghasilaknmedia
pembelajaran interaktif. Bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadapa
pembelajaran seni musik
D.
Hipotesis
Pengembangan
mediapembelajaran dalam bentuk buku digital dengan menggunakan softwere adobe flash CS3, dapat
menimbuklan ketertarikan siswa untuk dapat mengikuti proses pembelajaran
tersebut
Assalamualaikum wr. wb saya ingin menambahkan sedikit tentang :
BalasHapusFungsi Media Pembelajaran
Penggunaan media pembelajaran dapat membantu meningkatkan pemahaman dan daya serap siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajari.
Berikut ini fungsi-fungsi dari penggunaan media pembelajaran menurut AsnawirdanUsman :
1) Membantu memudahkan belajar bagi siswa dan membantu memudahkan mengajar bagi guru.
2) Memberikan pengalaman lebih nyata (yang abstrak dapat menjadi lebih konkrit)
3) Menarik perhatian siswa lebih besar (kegiatan pembelajaran dapat berjalan lebih menyenangkan dan tidak membosankan).
4)Semuaindra siswa dapat diaktifkan.
5)Lebih menarik perhatian dan minat murid dalam belajar
terimakasih saudari dea sudah menambahan materi nya
HapusBagaimana jika seorang anak yg belum bisa menguasai media komputer sedangkan pada era sekarang sangat lah d tuntut agar anak dpat ahli dalam menggunakan media ini.
BalasHapussebaiknya kita menuntun ataupun mengajarkan media ini ke seorang anak tersebut agar dia bisa memahami dan mengerti apa yang dimaksud dengan media komputer tersebut
Hapusassalam mualaikum wr wb disini saya sedikit menambahkan mengenai Media pembelajaran sebagai bagian dari teknologi pembelajaran memiliki manfaat potensial dalam memecahkan masalah pembelajaran di sini saya sedikit memperjelaskan mengenai pemanfaatan tersebut di mana antara lain adalah sebagai berikut
BalasHapus1.Meningkatkan produktivitas pendidikan Dengan media dapat meningkatkan produktivitas pendidikan antara lain dengan jalan mempercepat laju belajar siswa, membantu guru untuk menggunakan waktunya secara lebih baik dan mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga guru lebih banyak membina siswa.
2.Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual
Pembelajaran menjadi lebih bersifat individual antara lain dalam variasi cara belajar siswa, pengurangan kontrol guru dalam proses pembelajaran, dan memberikan kesempatan kepada siswa
3. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran
Perencanaan program pembelajaran lebih sistematis, pengembangan bahan pembelajaran dilandasi oleh penelitian tentang karakteristik siswa, karakteristk bahan pembelajaran, analisis instruksional dan pengembangan disaign pembelajaran dilakukan dengan serangkaian uji coba.
terima kasih
terimakasih saudara robi sudah menambahan materi nya
Hapusassalamu'alaikum wr.wb saya ingin menambahkan materi tentang postingan blog anda di atas.
BalasHapusMenurut Azhar Arsyad (2011:15) fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru. Sedangkan menurut Hamalik (dalam Azhar Arsyad, 2011) bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Menurut Arif S. Sadiman, dkk (2011) menyebutkan bahwa kegunaan-kegunaan media pembelajaran yaitu:
a) Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis.
b) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
c) Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik.
d) Memberikan perangsang belajar yang sama.
e) Menyamakan pengalaman.
f) Menimbulkan persepsi yang sama
terimakasih saudara frandi sudah menambahan materi nya
HapusJenis-jenis Media
BalasHapusMenurut Rudi Brets dalam buku Media Pembelajaran membagi media berdasarkan indera yang terlibat yaitu :
a. Media audio, Melalui audio, siswa dapat berpartisipasi langsung dalam proses pembelajaran sehingga mampu mengoptimalkan kemampuan belajar siswa.
hanya melibatkan indera pendengaran dan hanya mampu memanipulasi kemampuan suara semata.
b. Media visual, Untuk media visual diam, contohnya foto, grafik, bagan, dan lain sebaaginya. Beda halnya dengan media visual gerak yang meliputi film bisu atau video pendek tanpa suara.
hanya melibatkan indera penglihatan. termasuk dalam jenis media ini adalah media cetak-verbal, media cetak-grafis, dan media visual non-cetak.
c. Media audio visual,
melibatkan indera pendengaran dan penglihatan sekaligus
dalam suatu proses. Pesan visual yang terdengar dan terlihat itu dapat disajikan melalui program
audio visual seperti film dokumenter, film drama, dan lain-lain.
Media audio visual terdiri dari dua bagian yakni media audio visualdiam
dan media audio visual gerak. Media audio visual diam diantaranya adalah tv diam, dan
halaman bersuara. Media audio visual gerak meliputi VCD dan komputer.
Terimakasih saudari nova sudah menambahkan materi
HapusGagne & Briggs dalam Arsyad (2002: 4) mengemukakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran yang terdiri dari, antara lain: buku, 9 tape-recorder , kaset, video kamera, video recorder , film, slide (gambar bingkai), foto, gambar, grafik, televisi, dan komputer. Berikut ini akan diuraikan klasifikasi Media Pembelajaran menurut taksonomi Leshin, dkk., dalam (Arsyad, 2008: 81-101), yaitu:
BalasHapusa. Media berbasis manusia merupakan media yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi.
b. Media berbasis cetakan yang paling umun dikenal adalah buku teks, buku penuntun, buku kerja/latihan, jurnal, majalah, dan lembar lepas.
c. Media berbasis visual ( image atau perumpamaan) memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar.
d. Media berbasis Audio-visual yang menggabungkan penggunaan suara memerlukan pekerjaan tambahan untuk memproduksinya.
e. Media berbasis komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam bidang pendidikan dan latihan. Komputer berperan sebagai manajer dalamproses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer- Managed Instruction (CMI).
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusTerimakasih saudari Nurussalamia sudah menambahkan materi
Hapusasalamualaikum saya ingin menambkan bahwa Dalam proses belajar mengajar seni musik, guru memerlukan sebuah
BalasHapusmedia pembelajaran yang menarik agar siswa dapat dengan mudah memahami
materi yang disampaikan oleh para guru. Oleh karena itu, penggunaan media
pembelajaran interaktif sebagai alat bantu belajar sangat diperlukan guru
dalam proses belajar mengajar di kelas. Media pembelajaran berbasis
komputer merupakan variasi penggunaan media dalam pendidikan modern ini.
Media pembelajaran berbasis komputer lebih digemari oleh para siswa
dibandingkan teori konvensional (catatan).
Terimakasih saudara masbun sudah menambahkan materi
Hapusassalamulaikumm, :)
BalasHapusbaiklah disini saya akan menambahkan sedikit materi mengenai pstingan anda pada landasan tekhnologi, dimana pada landasan ini Media pembelajaran sebagai bagian dari teknologi pembelajaran memiliki enam manfaat potensial dalam memecahkan masalah pembelajaran, yaitu:
a. Meningkatkan produktivitas pendidikan ( Can make education more productive). Dengan media dapat meningkatkan produktivitas pendidikan antara lain dengan jalan mempercepat laju belajar siswa, membantu guru untuk menggunakan waktunya secara lebih baik dan mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga guru lebih banyak membina dan mengembangkan kegairahan belajar siswa.
b. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual (Can make education more individual).Pembelajaran menjadi lebih bersifat individual antara lain dalam variasi cara belajar siswa, pengurangan kontrol guru dalam proses pembelajaran, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuan dan kesempatan belajarnya.
c. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran ( Can give instruction a more scientific base). Artinya perencanaan program pembelajaran lebih sistematis, pengembangan bahan pembelajaran dilandasi oleh penelitian tentang karakteristik siswa, karakteristk bahan pembelajaran, analisis instruksional dan pengembangan disaign pembelajaran dilakukan dengan serangkaian uji coba yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.
d. Lebih memantapkan pembelajaran (Make instruction more powerful).
Pembelajaran menjadi lebih mantap dengan jalan meningkatkan kapabilitas manusia menyerap informasi dengan melalui berbagai media komunikasi, di mana informasi dan data yang diterima lebih banyak,lengkap dan akurat.
e. Dengan media membuat proses pembelajaran menjadi lebih langsung/seketika (Can make learning more immediate). Karena media mengatasi jurang pemisah antara peserta didik dan sumber belajar, dan mengatasi keterbatasan manusia pada ruang dan waktu dalam memperoleh informasi, dapat menyajikan “kekonkritan” meskipun tidak secara langsung.
f. Memungkinkan penyajian pembelajaran lebih merata dan meluas (Can make access to education more equal)
terimakasih , semoga bermanfaat :)
Waalaikumsalam terimakasih saudari rianti sudah menambahkan matwri
Hapus